Sabtu, 04 November 2017

Cara Menambahkan Anggota Keluarga ke Program PBI BPJS Kesehatan

ilustrasi
www.kemlagi.desa.id - Ada 3 jalur untuk bisa mendaftar menjadi peserta BPJS, yaitu ada peserta yang iurannya di bayar sendiri (namanya Peserta PBPU atau Mandiri), peserta yang iurannya di bayar oleh perusahaan (disebut dengan peserta PPU atau Perusahaan) dan peserta yang iurannya dibayar oleh Pemerintah disebut dengan peserta PBI.

Sudah jelas jika anda mendaftar sebagai peserta mandiri maka anda harus mengurus nya ke kantor bpjs kesehatan langsung, untuk anda yang terdaftar sebagai peserta PPU atau Perusahaan maka pengurusannya lewat perusahaan masing – masing yang kemudian ada bagian terkait yang menangani ke BPJS, dan kemudian khusus untuk PBI maka berhubungan langsung dengan dinas sosial.

Topik kali ini kami khususkan untuk peserta PBI, dimana peserta PBI dapat mendaftarkan diri melalui dinas sosial untuk diikut sertakan dalam program BPJS yang dibayar oleh Pemerintah. Setiap peserta PBI akan terdaftar dalam kelas kepesertaan di kelas 3.

Banyak hal yang ditanya mengenai kepesertaan melalui program PBI atau Pemerintah ini, yaitu “bagaimana cara menambahkan anggota keluarga untuk peserta peserta PBI?” 

Berbeda dengan peserta Mandiri dan Perusahaan, untuk peserta PBI yang ingin menambahkan anggota keluarganya harus menghububungi Dinas Sosial. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa nama anggota keluarga yang ingin didaftarkan dalam PBI sudah masuk dalam Kartu Keluarga anda.

Kemudian silahkan melapor ke dinas sosial (dinsos) untuk meminta surat rekomendasi untuk menambahkan keluarga dalam program PBI, bawa persyaratan berupa KK, KTP, Foto 3×4, dan khusus untuk anak yang baru lahir melampirkan Akte Kelahiran dan lampirkan kartu kepesertaan anda.

Setelah mendapatkan rekomendasi maka silahkan anda pergi ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan proses pendaftaran keluarga yang ada dalam KK untuk ditambahkan menjadi peserta BPJS.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

39 comments :

ngajingopi mengatakan...

Saya telah mengajukan anak saya untuk di tambahkan menjadi anggota bpjs pbi ..tapi di tolak dengan alasan usia anak saya lebih dari satu tahun,mlah di anjurkan ikut anggota mandiri...

Unknown mengatakan...

Y saya juga katanya dalam satu kk klo salah satu keluarga punyaa bpjs pbi maka anaknya atau suami yang belum punya bila di daftarkan bisa mendapatkan bpjs pbi tapi pas ak ke dinas sosial ko ngga bisa,tetapi tetangga saya anaknya kejang kejang dan belum punya bpjs pbi tapi ibunya punya trus di usulkan tapi seminggu langsung jadi itu gimana ya

Unknown mengatakan...

Klu proses BPJS PBI untuk pengajuan anggota keluarga sehat mah memang berbelit Belit, tapi klu untuk proses pengajuan BPJS PBI anggota keluarga yg sedang di UGD bisa di proser

Unknown mengatakan...

Saya sekeluarga ada 4 orang saya ber3 memiliki kartu KIS dari pemerintah dan 1 anak bungsu saya tidak memiliki kartu KIS, saya ingin menambahkan anggota keluarga saja ga bisa di proses..
Jadi klu anggota keluarga kita udah masuk UGD baru kita bisa memproses BPJS na

Unknown mengatakan...

iya sama anak saya yg umur 3 thun gak bisa ,gagal.

Unknown mengatakan...

Waduh padahal sy mau dftarkan suami dan anak sy yg balikan..tapi baca di komntr gini jd fesimis sy mau urusnya

Unknown mengatakan...

Sama saya jg

Unknown mengatakan...

Kalau sudah daftar tapi non aktif bagaimana apakah bisa

Unknown mengatakan...

Kalau untuk BPJS PBI yang non aktif bisa diaktifkan kembali dg datang langsung ke BPJS kesehatan setempat, dan ikutin arahan dari BPJS tsb. Setelah semua persyaratan fix tunggu 2-3 hari.

Unknown mengatakan...

Sekarang bikin BPJS itu rumit ga bisa di andalkan kalau lagi mendesak.....anak saya punya penyakit tumor mata saya mengajukan BPJS PBI bukanya di terima malah di tolak..gmna nih aturan pemerintah sekarang bukan ny membantu rakyat kecil ini malah mempersulit.

Nayanara mengatakan...

Sya sma suami sudh pny kis didepok.kamj pindahan dr jkrta . Tp 2 anak sya gagal. Krn kis dijakarta ktnya msh aktf jd g bs.solusi nya gmn ya. Sya mau urus kis anak sya. Sya chek di jkn. Udh non aktif . Lalu klo mau urus lg utk anak sya prsyaratnny apa sja

Unknown mengatakan...

Ank sy malah udh terdafr tapi sy sama suami malah belum. Apa bisa kemudian didaftarkan juga

Unknown mengatakan...

Foto 3x4 itu, foto anggota keluarga yg didaftarkan apa, ibunya?

Unknown mengatakan...

Sy pux kartu pbi,2anak sy blom pux,ayahx meninggal dan masih tergolong yatim,bisa gk d tolong?

Unknown mengatakan...

Tapi saya kmren Alhamdulillah gampang,serumah hanya saya yg punya PBI,itupun bawakan gadis ,gitu berkeluarga dan punya anak saya urus kedinas sosial sekarang serumah punya semua kami

Unknown mengatakan...

Saya mau bkin buat anak umur 8 bulan
Saya sama suami punya kis dari pemerintah
Klo mau ngajuin pbi haruss ke dinas dulu ta

Unknown mengatakan...

Anak nya harus sakit dan masuk rawat inap, baru kita bisa mengajukan ke desa dan langsung ke dinsos

Unknown mengatakan...

Gimana mba cara urusnyaa PBI kalo belum punya id bdt atau dtks dr kelurahan!!!bilang apa kedinsosnya

Unknown mengatakan...

Setahu ku bun untuk anak ibu yg punya PBI begitu lahir langsung d daftarkan walaupun belum ada nama' tapi ya harus konfirm perubahan data nama sebelum 30 hari,

Unknown mengatakan...

Apakh utk mnambahkn anggota PBI ank kedua umr 2.5th msh bisa diproses.

Unknown mengatakan...

Mau coba daftarkan anak ke3,umur 9 bulan semoga dimudahkan

Unknown mengatakan...

Sy jg mau coba daftarin anak sy yg bru 9 bln mga aj d permudah

Unknown mengatakan...

Dinsos setempat atw pusat mam

Unknown mengatakan...

Saya urus kis tambah angota dari maret 2019 anak baru lahir lsngdung urus smpai sekarang belom ada kabar sama sekali

Unknown mengatakan...

Saya sudah satu tahun mengurus rekomendasi dari dinsos, sampai sekarang surat rekomendasi dan nomor anggota nya belum keluar. Gimana mau ke bpjs kalau surat rekomendasi belum ada.
Katanya tunggu nanti surat nya di kirim ke puskesmas setempat

Anonim mengatakan...

Dulu waktu ngurus kis PBI yg hilang saya sdg hamil anak k-4, sementara yg baru dapat saya suami dan anak 1 yg sdh lama masuk KK,saat menanyakan k petugas kantor BPJS setempat, hanya d suruh bawa KK dan akte anak yg mau d tambhkan, tpi smpe skrg saya blm sempat memprosesnya, krna covid jga

Unknown mengatakan...

Bsa gx ya kalau suami ny pnya bpjs pbi, anak ma istri ny bpjs prabayar,mau d balikin k bpjs pbi ikut suami ny,
Cara daftar ny gmn??

Sekar mengatakan...

Anak saya umur 9th n 5th baru ngurus bpjs pbi bisa kak

Anonim mengatakan...

sama..katanya tidak bisa pbi jkn karena lahir ditahun 2000an. tapi diusulkan bpjs mandiri

Anonim mengatakan...

Sama mba anak pertama saya gapunya bpjs pbi karna usia udh 6 thn sdngkn saya suami dan anak bungsu punya bpjs pbi

Anonim mengatakan...

Kemarin ke dinas sosial di suruh ke desa terus aja saya di suruh bulak balik trus saling tuduh. Kenapa gak langsung aja ke BPJS nya kan jelas jelas udah satu kk? Nyusahin yang lagi perlu kan bulak balik itu butuh biaya apa lagi yang naik angkot berkali kali itu abis berapa kerja seharian abis buat bulak balik

Anonim mengatakan...

saya dan suami dapat kis pbi , tp ank prtma saya blum dpt ,, pas kmren hbis lhiran ank ke 2 suami lngsung ngrus kis ank ke 2 ke kantor bpjs dan sekalian saya suruh tanya pnya ank prtama saya eh trnyta blm trdaftar ..
kira" kalau mau mendaftarkan ank prtma gmn yhaa , apa bisa ikut peserta Pbi??

Anonim mengatakan...

Harus nunggu mati dulu kali di ugd baru di proses hehe

Anonim mengatakan...

Anak kl di bawah 2 th masih bisa.

Anonim mengatakan...

Acuan datanya amburadul, ktp sudah elektronik, kartu keluarga udah barcode tetap juga tidak terdata, apa mungkin kartu keluarganya juga bikin kartu keluarga miskin, drpda bikin sktm(surat keterangan tidak mampu)

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah saya dibantu mengajukan oleh kepala puskesmas daerah taman sari bandung bpjs pbi,semua satu kk dapet bpjs pbi,satu minggu prosesnya sudah keluar.terimakasih bu diana @puskesmas taman sari bandung wetan.😘

Anonim mengatakan...

https://solo.to/rupiah369
https://solo.to/sparta888
https://solo.to/jingga888
https://solo.to/melodi888
https://solo.to/bareng888

Anonim mengatakan...

Maksudnya dtang lngsung ke kantor BPJS nya kak?? Soalnya sya punya anak lahiran 2020 tp mulai usul bikin 2021.. 2023 bulan 1 baru dipake sudh non aktp..ktnya ptugas 0akmas sruh ke desa bikin skt LG.. sy Auh bikin skluargaa ambil masukin anak yg nmor 2.tp udh 6 bulan blm ada kabarnya..

Anonim mengatakan...

Saya dan anak pertama saya pbi. Suami dan anak ke 2 saya mandiri. Bisa ga iya yg suami dan anak ke 2 saya ikut pbi. Cara nya bagaimana???