Sabtu, 04 November 2017

Peserta BPJS PBI Pindah Alamat dan Memiliki KK Baru Ini Yang Harus Dilakukan

Logo BPJS Kesehatan
www.kemlagi.desa.id - Saat ini ada 3 kategori jenis kepesertaan BPJS, yaitu BPJS Penerima bantuan iuran pemerintah (BPJS PBI), BPJS Mandiri dan BPJS Yang ditanggung oleh Perusahaan (BPJS PPU). dari ke 3 jenis kepesertaan bpjs tersebut, ada banyak sekali kasus yang bisa terjadi, terutama menyakut kepesertaan BPJS.

Beberapa kasus mungkin sudah sangat jelas bagaimana penyelesaiannya karena sudah disosialisasikan oleh pihak bpjs, namun masih banyak kasus yang masih belum banyak yang tau bagaimana solusi penyelesaiannya, seperti kasus-kasus yang terkait dengan kepesertaan BPJS PBI yang sering sekali dipertanyakan, beberapa diantaranya misalnya:

Bagaimana ketika peserta BPJS PBI pindah alamat dan berbeda dengan alamat sebelumnya dikarenakan menikah, apakah kartu masih berlaku? 

Bagaimana ketika Peserta BPJS PBI sudah memiliki Kartu keluarga (KK) baru?

Bagaimana Ketika Pasangan peserta BPJS PBI adalah peserta BPJS Mandiri?

Kasus-kasus di atas mungkin saja sedang anda alami, namun anda pasti akan dibuat pusing, karena memang untuk kasus di atas pihak bpjs pun tidak pernah menjelaskannya secara detail, kecuali anda tanyakan langsung dengan datang ke kantor BPJS.

Tapi pasti anda akan kerepotan jika harus bertanya langsung ke petugas bpjs, tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga, oleh karena itu untuk kasus di atas saya mencari referensi dan menemukan beberapa referensi resmi dari situs resmi tanya jawab di situs lapor.go.id, dan ternyata kasus-kasus di atas sering menjadi pertanyaan beberapa peserta bpjs yang dijawab oleh petugas bpjs langsung.

Untuk mengetahui jawabannya maka disini saya akan uraikan kembali untuk anda agar anda bisa mengetahuinya lebih jelas. sebagai berikut:

Bagaimana ketika peserta BPJS PBI pindah alamat dan berbeda dengan alamat sebelumnya dikarenakan menikah, apakah kartu masih berlaku?

Ada banyak alasan kenapa peserta bpjs bpbi bisa pindah alamat, bisa karena memang pindah tempat tinggal atau karena menikah, ketika peserta pindah alamat, kartu BPJS PBI masih aktif dan masih bisa digunakan, namun ada beberapa hal yang harus ditempuh oleh peserta yang bersangkutan.
Peserta harus membuat pelaporan ke dinas sosial agar di data ulang.

Jika peserta harus pindah fakses tingkat 1, karena alamat sebelumnya berbeda kota atau provinsi dengan alamat baru, maka peserta wajib merubah data kepesertaan dengan datang langsung ke kantor bpjs untuk memilih faskes terdekat dengan alamat tempat tinggal baru peserta, peserta nanti akan dibuat karu yang baru oleh petugas bpjs.

Bagaimana jika peserta Pindah alamat dan memiliki kartu keluarga (KK) baru.

Jika pindah alamat misalnya karena menikah dan peserta sudah memiliki KK baru, maka kartu masih bisa digunakan, namun peserta tetap harus membuat laporan ke dinas sosial untuk di data ulang, peserta masih bisa melakukan pengobatan di faskes tingkat 1 di alamat baru, biasanya di puskesmas desa atau kelurahan, namun peserta harus menyertakan KK lama dan KK baru, sebelum faskes tingkat 1 peserta di perbaharui.

Jika pasangan bukan peserta PBI atau peserta Mandiri, maka peserta yang sebelumnya PBI harus ikut menjadi peserta Mandiri, karena syarat menjadi peserta mandiri adalah 1 KK waji  didaftarkan semuanya menjadi peserta mandiri.

Untuk pergantian faskes, prosedurnya sama seperti di atas, peserta harus datang langsung ke kantor bpjs untuk melakukan perubahan data kepesertaan, untuk peserta PBI faskes tingkat 1 biasanya adalah puskesmas desa atau kelurahan.

Bagaimana Ketika Pasangan peserta BPJS PBI adalah peserta BPJS Mandiri

Jika peserta BPJS PBI menikah dan pasangan ternyata bukan peserta PBI seperti misalnya pasangan adalah peserta mandiri, maka si peserta PBI harus didaftarkan menjadi peserta Mandiri ikut pasangannya karena untuk menjadi peserta mandiri 1 KK harus didaftarkan seluruhnya, jika memang mampu, namun jika tidak mampu, maka pasangannya yang peserta mandiri, beralih menjadi peserta bpjs PBI,

Jika pasangan peserta PBI ingin beralih menjadi peserta mandiri atau BPJS PPU, maka si peserta harus keluar dari kepesertaan PBI, peserta bisa lapor ke dinas sosial setempat untuk dikeluargan dari PBI, peserta akan di data ulang dan peserta baru bisa dinyatakan keluar setelah adanya rekonsiliasi dari kementrian, yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali, selama menunggu peserta masih PBI dan kartu masih bisa digunakan sebagaimana mestinya sampai proses rekonsiliasi selesai.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

25 comments :

Unknown mengatakan...

tolong penyampaiannya yang detail jangan di persulit

Christina Siregar mengatakan...

Cukup membantu ...


Tapi mendaftarnya ke bpjs lama atau yg baru???
Mohon penjelasannya.
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum bapak / ibu saya mau tanya .kmren saya tinggal dikota siak dan seluruh anggota mendapat bpjs apbd
Dan karna masalah covid tak kunjung hilang saya memutuskan untuk pulang kampung kesumatera barat.yang saya tanyakan apakah kartu bpjs apbd saya bisa dipindahkan keaumatera barat? Terimakasih

Unknown mengatakan...

Saya dan anak anggota kis pbi, lalu saya menikah lagi dg yg blm terdaftar keanggotaan bpjs, apabila saya pindah domisili ikut suami , apakah nantinya suami saya bisa didaftarkan jadi anggota kis pbi ya?

Unknown mengatakan...

bantu jawab,coba call center

Unknown mengatakan...

bantu jawab,bisa daftar lagi,minta surat keterangan tidak mampu ke rt,untuk pindah domisili harus ke dinas sosial pertama ibu buat pbi,untuk didata ulang,nanti bisa diutus kembali di bpjs sekalian dftar suami

Unknown mengatakan...

Saya sekeluarga anggota punya BPJS PBI,sekarang pindah dari kodya madya Bandung ke kabupaten Garut,namun BPJS belum pindah,gimana caranya?

Unknown mengatakan...

Saya peserta BPJS PBI, istri saya BPJS mandiri. Tapi kondisi kami kurang mampu. Apa bisa istri saya pindah ke BPJS PBI? Kalau bisa Bagaimana caranya?

Anonim mengatakan...

Bpjs saya masih terdaftar dengan KK lama, dan saya sudah menikah & punya KK Baru, bagaimana caranya untuk mengubah No KK di BPJS saya? Karena sudah chat CHIKA & PANDAWA tidak ada respon sama sekali, call center pun tidak ada respon.

Unknown mengatakan...

Saya pindah dari Bandung,saya sekeluarga dapat BPJS PBI dr apbd,namun kendala sama karena pandemi kita tak bisa keluar masuk Bandung,gimana caranya untuk merubah data alamat lama ke alamat sekarang,via online 🙏

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya dong,saya punya BPJS PBI. BPJS saya masih KK lama dan saya skg sudah menikah punya Kk baru dgn alamat kampung, tapi saya masih tinggal di jakarta SESUAI FASKES yg tertera di BPJS PBI saya. Apakah saya masih bisa menggunakan BPJS saya?

Unknown mengatakan...

Pengen daftar BPJS tpi perasaan kog ribet bnget y

Unknown mengatakan...

Bpjs pbi saya kalimantan,sekarang pindah dimisili di sukoharjo jawa tengah dan mau pindah bpjs mandiri gimana caranya ya?

Anonim mengatakan...

Wktu hamil anak ke tiga BPJS sya masih alamat Grobogan,sya dtng langsung ke kantor BPJS wonosari untk pindah alamat katanya tdk bs pindah almt,bs pindah asal ganti BPJS mandiri kmrin sya ke kantor dinas sosial untuk pengajuan jamkesos Krn sya hamil lagi ternyata stelah di cek di dinsos Wonosari BPJS sya msh aktif dan di minta untuk ke kantor BPJS LG untuk pindah alamat di Gunungkidul sesuai ktp,dan ternyata bisa

Anonim mengatakan...

Asalkan surat komplit gampang kok

Anonim mengatakan...

Klu data bermasalah untuk perbaikan y harus k mana y soal y sy mau mengurus BPJS kesehatan ikut suami yg SDH terdaftar BPJS perusahan

Anonim mengatakan...

Saya mau tanya sebelum nikah kan saya sudah punya kis terus setelah menikah punya KK sendiri tapi alamat masih 1 desa bagaimana cara merubahnya

Anonim mengatakan...

Moho maaf bertanya kakak harus menunggu berapa lama alamat bisa berubah karna saya merubah faskes langsung hari pergantian itu juga sudah ganti namun kenapa alamat tidak ikut otomatis berubah juga ya

Anonim mengatakan...

saya mau bertanya gimana cara menggaktif kan kembali bpjs pemerintah data sudah pindah daribkota ke propinsi

Anonim mengatakan...

Mohon maaf mau bertanya saya dan anak saya sebelumnya menjadi peserta BPJS PBI kemudian aminmembuat KK baru dapat berapa tahun BPJS PBI saya di nonaktifkan alasannya katanya sudah tidak nggota PBI kemudian suami saya sebelum menikah sudah didaftarkan oleh orangtuangnya untuk BPJS mandiri namun sekarang sudah mutasi BPJS-nya atau BPJS-nya sudah pecah KK tidak jadi 1 dengan orang tuanya apakah anak dan istrinya juga wajib mendaftar ke BPJS mandiri atau tidak. Mohon pencerahan dan jawabanya. Terimakasih

Anonim mengatakan...

Sya ingin brtnya sya dan klrga sudah trdftr BPJS.tetapi kmi pindah almaf dan mngeluarkn KK baru.terapi kota,kelurahan,kecamatanny msh sama.bgmn itu pak

Anonim mengatakan...

Saya mau bertanya bgmn jika saya pimdah alamat ktp dan kk, smntara ini sy dpt PBI APBN jaksel krn ktp dki, klo sy cabut berkas pindah ke daerah bhmn dg Kis bpjs saya? Mhn jwban ny

Anonim mengatakan...

Saya ingin bertanya?saya peserta PBI APBD Tanggerang sekarang saya pindah ke bandar Lampung,KK /KTP sekarang bandar Lampung tapi PBI APBD Tanggerang masih aktif apa bisa pindah alamat PBI APBD mohon pencerahannya ,

Anonim mengatakan...

Sy mau tanya..sy kan bpjs gratis..trus sy pindah.kenapa bpjs gratis di saran kan pindah kelas tiga..harus nya gratis jg dong makasih

Anonim mengatakan...

saya juga ingin bertanya, apa kira kira nanti pertanyaan saya dijawab dengan pertanyaan juga , dan apa tulisan pertanyaan saya juga harus di kasih tanda tanya. ?????