Kamis, 26 Januari 2017

Apresiasi Bupati Mojokerto Terhadap Produk Uggulan Desa Kemlagi

http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/BUPATI%20MPK_zpso2xfob3p.jpg
Apresiasi Bupati MKP untuk produk unggulan Desa Kemlagi
www.kemlagi.desa.id Apresiasi Bupati Mojokerto H. Mustofa Kamal Pasha, SE atau lebih akrab dipanggil Bupati MKP terhadap produk unggulan Desa Kemlagi yakni bakpia kacang hijau dan abon lele.  Hal tersebut disampaikan saat gelaran acara Hari Gizi Nasional ke 57 di Ekowisata Waduk Tanjungan Kecamatan Kemlagi, Rabu, (25/1-2017).

Pada kesempatan tersebut Bupati MKP juga berpesan agar masyarakat tetap sigap menghadapi berbagai tantangan termasuk di bidang peningkatan gizi masyarakat. Contohnya masalah gizi ganda, yaitu keadaan dimana gizi kurang, namun di sisi lainnya gizi dianggap lebih.

Hasil Survey Diet Total (SDT) tahun 2014, kata Bupati MKP, kurang lebih 70-80% bumil (ibu hamil) belum tercukupi konsumsi energi dan proteinnya. Pun demikian dengan konsumsi buah yang dinilai belum cukup baik.
http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/KEPALA%20DINKES_zpsrihvik8t.jpg
Kadinkes Kab. Mojokerto Didik Chusnul Yakin sedang cicipi produk Desa Kemlagi
“Konsumsi sayur dan buah masih rendah. Pada momen Hari Gizi Nasional ke-57 kali ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto baik lansia, dewasa, remaja maupun anak-anak agar gemar sayur dan buah. Langkah yang bisa diambil yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sesuai yang dicanangkan Menteri Kesehatan RI,” jelas bupati.

Intervensi terhadap masalah gizi lanjutnya, lebih dilakukan sebagai bagian dari upaya promotif-preventif dan kuratif-rehabilitatif, dalam pengendalian penyakit tidak menular.

Upaya (di atas) kata Bupati MKP harus diperkuat dengan pendidikan gizi masyarakat dengan pendekatan empat pilar gizi seimbang. Yakni konsumsi makanan beraneka ragam, memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat, menumbuhkan kebiasaan berolahraga dan aktivitas fisik, serta memantau dan mempertahankan berat badan normal.
http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/IBU%20BUPATI_zps7fodvndw.jpg
Ibu Bupati Ikhfina bersama TP PKK Desa Kemlagi
Slogan ‘Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari’ harus kita sebarluaskan,” pesan bupati.
Sementara Ketua Pelaksana Acara, Didik Chusnul Yakin, menjelaskan peringatan Hari Gizi Nasional ke-57 tahun 2017, yang diresmikan langsung Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa adalah ide dari Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Gizi, Menuju Bangsa Sehat dan Berprestasi” merupakan kerjasama Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Mojokerto. “ Acara ini merupakan bentuk komitmen dalam upaya peningkatan mutu gizi perseorangan maupun masyarakat,” jelas Didik Chusnul Yakin yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan.

“Kita mengadakan aksi nyata makan sate buah dan sayur bersama-sama, yang diikuti  1000 anak dari wilayah utara sungai. Selain itu juga ada bazar buah yang diikuti peserta dari Kecamatan Jetis dan Gedeg, Dawarblandong. Kita Apresiasi Himpaudi, Camat Kemlagi dan para kades yang menyiapkan acara dari kemarin, begitu juga dengan adik-adik SMK PGRI Sooko yang sudah prepare (bakso) dari ikan untuk proteinnya,” tandas Didik

Peresmian ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh bupati, didampingi sang istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, Wakil I Ketua TP PKK, Yayuk Pungkasiadi, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

0 comments :