Sabtu, 13 Mei 2017

Jatim Peringkat Dua OTT Pungli, Terbanyak Pungli Dana Desa

ilustrasi
www.kemlagi.desa.id - Praktik pungutan liar (pungli) di Jawa Timur secara nasional menduduki peringkat kedua daerah yang paling banyak operasi tangkap tangan (OTT) oleh satuan tugas sapu bersih (Satgas Saber) pungli. Terbanyak pungli dana desa.

Diungkapkan oleh Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jawa Timur Kombes Wahyudi Hidayat, selama 2017 tim Saber Pungli telah melakukan OTT 64 kasus. Jawa timur berada satu peringkat di bawah Jawa Barat yang paling banyak ditemukan kasus pungli secara nasional.

“Kasus yang banyak terjadi adalah pungli dana desa (DD) dan pengurusan sertifikat tanah pada proyek operasi nasional agraria (prona),” kata Wahyudi di Surabaya, Jumat (12/5/2017).

Wahyudi menjelaskan, dari 64 OTT yang dilakukan tim saber pungli sama sekali tidak ditemukan pejabat eselon negara atau pemerintah yang ikut terlibat. Yang paling banyak terjaring OTT adalah perangkat desa, oknum PNS di kecamatan dan pihak swasta.

“Kalaupun ada itu, ya, setingkat camat. Namun, jarang sekali,” kata Wahyudi yang juga ketua tim saber pungli Jawa Timur.

Ditambahkan Wahyudi, dari 64 kasus yang dibongkar, total tim satgas saber pungli berhasil menyita barang bukti sekitar Rp 2,6 miliar dan beberapa mobil. Barang bukti itu disita saat OTT dan setelah penyidikan. “Di Jawa Timur yang paling banyak terjadi pungli ada di Kabupaten Sidoarjo,” ungkapnya. 

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 comments :