Jumat, 07 Februari 2014

MAKNA DARI SIFAT DAN SIKAP KEJUJURAN

Dalam rangka menghadapi tahun 2014 ini sebagai tahun politik di Indonesia, mungkin kejadian yang dialami oleh warga Amerika ini bisa dijadikan suri tauladan baik bagi Caleg maupun warga yang sudah memiliki hak pilih, bahwa jujur itu membawa berkah.  

Dhani Irawan - detikNews
Foto: MyFox Detroit
Michigan - Kejujuran memang membuahkan hasil manis. Ketika mendapat panggilan untuk membersihkan sebuah rumah, Norman Saleh mengira itu hanyalah rutinitas pekerjaannya. Namun, ternyata dirinya menemukan kotak penyimpanan uang berisi US $ 100 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar.

http://images.detik.com/content/2014/02/07/1148/044247_911e3836d02ea2adb9f0a.jpg
ilustrasi - jujur itu indah
Seperti dilansir dari news.com.au, Jumat (7/2/2014), Saleh yang merupakan pemilik jasa XS-Trash menemukan uang itu ketika membersihkan rumah di kawasan Dearborn Heights, Michigan, Amerika. Setelah menghitung dan menyadari betapa banyaknya uang itu, Saleh langsung menelepon pemilik rumah.

"Aku merasa ini bukan hal remeh untuk membersihkan rumah itu dan mengembalikan uang itu kepada pemiliknya," kata Saleh.

Tak berapa lama, si pemilik rumah merespon dan berkata jika dia tak berada jauh dari rumah itu. Hanya sekitar 20 menit perjalanan.

Saleh kemudian bertemu dengan pemilik rumah. Si pemilik rumah pun kemudian memberikan tip kepadanya sebesar US $ 15 ribu atau sekitar Rp 182 juta. Dan yang lebih mengejutkan, si pemilik rumah juga memberikan kunci rumah itu kepada Saleh.

Saleh pun terkejut si pemilik rumah memberikan rumah senilai US $ 160 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar itu secara cuma-cuma pada Saleh. Saleh yang tak menyangka langsung mengatakan jika dia tidak mengharapkan apapun sebagai imbalan.

"Aku dibesarkan untuk jujur dan apapun yang bukan milikmu seharusnya kau kembalikan," ucap Saleh.

Namun, si pemilik rumah tetap berkeras agar Saleh menerima uang tip dan juga rumah itu. Betapa manisnya buah dari kejujuran.



0 comments :