Sabtu, 02 Desember 2023

Mahasiswa Prodes UMSIDA Ikut Dampingi Study Banding Kelompok Wanita Tani di P4S Bumiaji Sejahtera-Batu

www.kemlagi.desa.id - Pada hari Sabtu (25/11/2023) mahasiswa proyek desa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  (UMSIDA) ikut serta dalam pendampingan kegiatan study banding Kelompok Wanita Tani Kemlagi (KWT) “Godhong Djati” yang diadakan oleh Pemerintah Desa Kemlagi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bumiaji Sejahtera, Desa Bumiaji Kec. Bumiaji Kota Batu, Jawa Timur. 

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menjalankan program tani yang bisa berdampak untuk Desa Kemlagi baik dari segi ekonomi dan juga lingkungan.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih lima puluh lima wanita tani Desa Kemlagi dengan beberapa agenda di antaranya yaitu seminar budidaya jambu kristal, pelatihan secara langsung mengenai penanaman budidaya jambu kristal, pembuatan pupuk dan kompos, pengemasan produk, pengolahan pasca panen dan pemberian buah tangan. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa proyek desa UMSIDA ikut serta sebagai pendamping dalam pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kemlagi. 

Pada agenda seminar budidaya jambu kristal, materi diberikan oleh Bapak Rakhmad Hardiyanto selaku pemilik dan pengelola P4S Bumiaji Sejahtera, meliputi cara menangani hama, pengenalan mengenai jenis-jenis jambu yang bisa dibudidayakan, cara membuat media tanam untuk budidaya jambu yang baik, dan cara mengolah hasil budidaya jambu menjadi olahan makanan yang bisa dipasarkan. Selain itu, pada agenda pelatihan secara langsung juga didampingi dari dua sisi, baik dari segi pertanian atau budidaya tabulampot dan agrowisata. Secara keseluruhan, kegiatan yang dilakukan ini menjangkau dari skala rumah tangga hingga skala yang lebih luas. 

Menurut keterangan yang diberikan oleh Bapak Abd. Wahab, SE selaku Kepala Desa Kemlagi, study banding Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kemlagi ke P4S Bumiaji Sejahtera ini dipilih karena tanaman jambu kristal yang ditanam di P4S Bumiaji Sejahtera juga bisa ditanam di Desa Kemlagi. Selain itu, P4S Bumiaji Sejahtera juga dianggap memiliki eduwisata mengenai budidaya jambu kristal yang sangat lengkap, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kemlagi, mampu menghadirkan inovasi yang bisa diaplikasikan pada budidaya buah dan sayur yang ada di Desa Kemlagi.

Hal itu sejalan dengan harapan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Desa Kemlagi, yang disampaikan oleh ibu Nyta Apriantini selaku penanggung jawab kegiatan study banding ini.

“Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar, ibu-ibu juga sangat antusias. Jadi, kami mengharapkan dari kegiatan ini, bahwa ibu-ibu tani Desa Kemlagi bisa saling bertukar informasi untuk kemajuan pertanian yang ada di Desa Kemlagi. Juga, agar bisa menumbuhkan semangat dari ibu-ibu tani untuk bertani dengan benar dan bisa berdampak untuk Desa Kemlagi ke depannya” tuturnya dalam wawancara singkat bersama mahasiswa proyek desa UMSIDA.

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi dan ditulis oleh Mahasiswa Prodes Kemlagi Umsida Sidoarjo

0 comments :